One Piece Logo

Kamis, 04 Oktober 2012

makalah kontribusi pemerintah dalam pelestarian kebudayaan


MATA KULIAH DASAR UMUM


ILMU BUDAYA DASAR





KONTRIBUSI PEMERINTAH
 DAN MASYARAKAT
DALAM PELESTARIAN KEBUDAYAAN






DOSEN : Bpk. Burhan Muhammad Amin





DISUSUN OLEH:
NAMA            : ABDUL RAHMAN
     NPM                : 30412022
     KELAS            : 1ID08









FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI

UNIVERSITAS GUNADARMA

TAHUN 2012 - 2013


Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat
Dalam Melestarikan Kebudayaan
Kelas  :  1-ID08
Tanggal Penyerahan Makalah : 03 Oktober 2012
Tanggal Upload Makalah  :  04 Oktober 2012

P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n

N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
30412022
ABDUL RAHMAN



Program Sarjana Teknik Industri

UNIVERSITAS GUNADARMA




KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami dan juga kepada dosen sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul kontribusi pemerintah dalam pelestarian budaya.

Makalah ini berisikan tentang informasi kontribusi pemerintah dalam pelestarian kebudayaan. Lebih khusus mengenai masalah pelestarian budaya serta analisis SWOT tentang kontribusi pemerintah.
 Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam pembuatan makalah ini dari awal sampai akhir
. mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pembuatan makalah ini.




Jakarta, 02 oktober 2012



Abdul Rahman





DAFTAR ISI
COVER MAKALAH…………………………………………………………………………  1
SURAT PERNYATAAN……………………………………………………………………..   2
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………..    3 DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………    4
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………    5
            1.1Latar belakang……………………………………………………………………..   5
            1.2 Tujuan…………………………………………………………………………….   6
            1.3 Sasaran…………………………………………………………………………...    6
BAB11PERMASALAHAN…………………………………………………………………   7
2.1 kekuatan (strength)……………………………………………………………….   7
            2.2 kelemahan (weakness)……………………………………………………………   8
            2.3 peluang (opportunity)…………………………………………………………….   8
            2.4 hambatan ( threats)……………………………………………………………….   8
BAB II KESIMPULAN DAN REKOMENDASI…………………………………………..    9
3.1 Kesimpulan……………………………………………………………………….  9
            3.2 Rekomendasi……………………………………………………………………..   9
Referensi……………………………………………………………………………………..   10






BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Indonesia adalah negara kepulauan yang memilki banyak provinsi dan kaya akan berbagai macam adat istiadat dan budaya di setiap daerahnya. Dan kita patut merasa bangga akan keanekaragaman tersebut,supaya kebudayaan ini tidak hilang kita mesti menjaga dan melestarikannya sehingga kelak anak cucu kita dapat melihat betapa banyak kebudayaan yang kita milki.

kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.Dalam melestarikan kebudayaan tidak hanya dilakukan oleh para pemuka adat atau pakar kebudayaan tapi kita seluruh masyarakat indonesia yang tanpa diketahui bahwa budaya itu ada di kehidupan kita sehari-hari.namun kesadaran masyarakat akan hal tersbut mulai berkurang dan seperti tidak peduli dengan kebudayaannya.disinilah peran serta pemerintah dibutuhkan.

Pemerintah adalah lembaga negara yang megurus berbagai macam hal termasuk dalam melestarikan kebudayaan yang di miliki indonesia ini, namun kelihatannya peran pemerintah dalam melestarikan kebudayaan seperti berkurang bahkan menghilang.Dalm hal ini marilah kita bersama – sama saling membantu dalam melestarikan kebudayaan antara pemerintah dan masyarakat agar budaya itu tetap ada selamanya.



1.2  TUJUAN

Tujuan dalam pembuatan makalah kontribusi pemerintah dan masyarakat dalam pelestarian kebudayaan untuk berbagi informasi tentang melestarikan kebudayaan yang ada.
Selain itu juga  :
1.      Memenuhi persyaratan nilai mata kuliah ilmu budaya dasar.
2.      Menambah ilmu tentang cara tata tulis yang benar.
3.      memberi tahu betapa pentingnya menjaga dan melestarikan budaya.
4.      memberi kesadaran terhadap masyarakat dan pemerintah tentang pelestarian budaya.
5.      Menjunjung tinggi nilai kebudayaan yang dimiliki.
6.      Meningkat rasa cinta tanah air kita.
7.      Langkah konkrit dalam melestarikan kebudayaan.
8.      Menhargai apa yang telah di miliki oleh Indonesia.



1.3  SASARAN
Dalam penulisan  makalah ini sasaran yang ditujukan kepada pemerintah  dan semua lapisan masyarakat khususnya generasi muda agar dapat melestarikan kebudayaan,supaya tidak hilang di era globalisasi yang maju dan juga supaya kebudayaan kita tidak di claim oleh negara lain.






BAB II
PERMASALAHAN

 Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat Indonesia harus mengikuti perkembangan tersebut agar tidak tertinggal,namun di satu sisi masyarakat mulai melupakan kebudayaan yang telah dimiliki karena dianggap tradisional.dan ditambah lagi dengan adanya perdagangan bebas yang semakin mudahnya kebudayaan asing masuk yang mereka sebut dengan westernisasi semakin terlupakan hal kebudayaan kita.
                          
              .Analisa SWOT ( Strength, Weakness, Oppurtunity, Threats ) adalah sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor  masukan, yang kemudian dikelompokkan menurut kontribusi masing-masing. Satu hal yang harus diingat baik-baik oleh para pengguna analisa SWOT, bahwa analisa SWOT adalah semata-mata sebuah alatanalisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi  oleh organisasi, dan bukan sebuah alat Analisa yang mampu memberikan jawaban dari segala permasalahan yang terjadi.
                Analisa permasalahan kontribusi pemerintah dan masyarakat dalam pelestarian kebudayaan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisis lingkungan internal dan eksternal di lihat dari aspek :
2.1  kekuatan (strength) :
a)      Rasa memiliki yang kuat orang indonesia atas kebudayaan yang dimiliki,
b)      Rasa peduli masyarakat atas kebudayan yang dimiliki sebagai contoh di saat kebudayaan tersebut diakui Negara lain.
c)      Rasa persatuan di Indonesia ini sangat kuat walaupun berbeda beda,dengan ini mudah melindungi dicurinya kebudayaan kita.
d)     Kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam hal melestarikan kebudayaan.
e)      Kemudahan informasi seperti internet membantu dalam memperkenalkan kebudayaan agar tidak hilang.


2.2  kelemahan ( weakness) :
a)      berkurangnya minat generasi muda dalam mempelajari  kebudayaannya sendiri yang lebih memilih kebudayaan asing.
b)      Pengenalan budaya yang kurang sehingga banyak yang tidak mengetahui budayanya masing- masing disebbakan luasnya wilayah NKRI.
c)      Kurangnya kepedulian pemerintah terhadap kebudayaan seperti di bidang pariwisata yang merupakan salah satu alat memperkenalkan budaya.
d)     Lemahnya ketahanan Negara dalam menghadapi era globalisasi yang di pengaruhi kedaulatan yang belum terjaga dengan baik.

2.3  peluang ( opportunity) :
a)      berkembangnya informasi komunikasi  memudahkan budaya itu di lihat banyak orang bahkan hingga ke mancanegara.
b)      Mengoptimalkan dunia pariwisata sebagai alat untuk memperkenalkan kebudayaan yang ada di Indonesia.
c)      Keanekaragaman dan keunikkan setiap budaya di Indonesia yang dapat menarik minat masyarakat Indonesia maupun mancanegara.
d)      Menampilkan kebudayaan di ajang internasional dengan cara bahwa memakai abtik contohya.

2.4  hambatan ( threats) :
a)      buruknya system pemerintahan di Indonesia sehingga membuat stabilisasi negara tidak tetap mempengaruhi  seluruh aspek yang ada.
b)      Lemahnya SDM dalam melestarikan dan mengelola mulai dari tingkat pusat sampai kedaerah.
c)      Rasa malu Generasi muda  yang enggan mempelajari kebudayaannya,karena akan di anggap orang yang ketinggalan zaman.
d)     Globalisasi dan westernisasi yang berkembang dengan cepat mengeser kebudayaan asli,dan kurangnya peran pemerintah dalam menyaring budaya globalisasi yang ada.

BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

3.1 Kesimpulan
           Kebudayaan adalah hasil kreasi manusia yang terbentuk sejak dahulu kala hingga sekarang. Setiap Negara memiliki kebudayaan masing – masing yang merupakan cirri khas dan karakter bangsa.kebudayaan tersebut dapat berbentuk tarian, pakaian ,alat musik, bahasa,ataupun kebiasaan.
           Untuk itu kita harus melestarikan dan menjaga kebudayaan sebagai bentuk menjaga harkat martabat bangsa dan Negara,dalam pelestarian dibutuhkan peran serta dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat agar tujuannya tercapai dan juga agar kebudayaan kita tidak di ambil oleh Negara lain maupun hilang digeser oleh zaman,dengan salah satu cara yaitu memeprkenalkan kebudayaan yang kita miliki kepada masyarakat Indonesia maupun mancanegara bahwa kebudayaan Indonesia menarik untuk dilihat.dengan begitu bila kebudayaan kita mulai di kenal orang maka pariwisata kita akan maju dan dapat meningkat ekonomi Negara dan masyarakatnya.


3.2 rekomendasi
a)    Pemerintah dan masyarakat memiliki pemikiran yang sama agar kontribusi  saling terkait.
b)    Memperkenalkan budaya kepada dunia internasional agar bahwa kebudayaan Indonesia menarik dam sangat beragam. mengetahui
c)    Diharapkan berkembangnya dunia pariwisata sebagai sarana memperkenalkan budaya.
d)   Memprakteknya dalam kehidupan sehari-hari.
e)    Kesadaran yang lebih terhadap kebudayaan yang dimiliki.






REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar