One Piece Logo

Rabu, 19 Juni 2013

KETAHANAN NASIONAL



KETAHANAN NASIONAL

Pengertian ketahanan nasional
            Ketahanan nasional adalah adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap asapek kehidupan nasional yang terintegrasi dan berisikan keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi ancaman  dari luar. Dalam ketahanan nasional banyak aspek perlu digunakan untuk menjadi sebuah kekuatan dalam menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia. Hal-hal ynag melatarbelakangi ketahanan nasional ada 2 yaitu:
      1. Ketahanan kunci keberhasilan suatu negara untuk meraih cita – cita negara.
      2. Rasa memiliki tanah air Indonesia.
      3. Rasa nasionalisme dari setiap warga negara Indonesia yang masih kuat. 
      4. Rasa kekhawatiran terhadap zaman penjajahan terulang kembali.

Pada hakikatnya menjaga persatuan dan kesatuan negara adalah wajib bagi setiap warga negara. Republik Indonesia adalah negara ynag memiliki UUD 1945 sebagai konstitusinya, kekuasaaan pemerintah tidak bersifat absolut atau tidak terbatas. Sedangkan kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilakukan dengan sepenuhnya majelis permusyawaratan rakyat. Kemudian kondisi kehidupan nasional merupakan pencerminan ketahanan nasional yang didasari oleh landasan idiil pancasila, landasan konstitusional UUd 1945. Ketahanan nasional adalah kondisi yang harus dimiliki dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara dalam wadah negara kesatuan  republik Indonesia.

Pokok-pokok pikiran
Dalam membentuk ketahanan nasional terdapat dasar-dasar atau pokok pikiran yang bisa membuat suatu tujuan yang sama dalam menjaga ketahanan nasional di Indonesia. Berikut ini adalah pokok-pokok pikiran tersebut.
     1. Manusia berbudaya adalah manusia yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, sebab dari itu maka manusia perlu membutuhkan orang lain dalam kehidupan. Adanya interaksi inilah yang menimbulkan manusia yang berbudaya.

     2. Tujuan nasional dan falsafah bangsa serta ideologi bangsa merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh negara Indonesia ynag telah tertulis jelas pada dasar negara yaitu UUD dan pancasila. Dalam landasan negara ideologi yang ingin dicapai Indonesia sudah ada sejak dahulu dan sudah tertulis dengan baik.

3. Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaran kesejahteraan dan keamanan yang seimbang, serasi, dan selaras dalam seluruh aspek kehiudpan secara utuh, yang terpadu pada UUD dan pancasila serta wawasan nusantara. Dengan kata lain konsepsi merupakan pedoman dan metode untuk meningkatkan kemampuan berbangsa dan negara.
   
    4. Asas-asas tannas Indonesia merupakan dasar-dasar tata laku dalam kehidupan bernegara yang dipakai dalam menjalankan kehidupan bernegara.

    5. Sifat-sifat ketahanan nasional adalah sifat yang terbentuk dari nilai-nilai yang sekandung dalam landasan dan asas-asasnya yang merupakan sifat untuk melakukan ketahanan nasional.

Pengaruh aspek ketahanan nasional terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
        Tannas sesungguhnya merupakn gambaran dari kondisi sisstem dalam berbagai aspek kehidupan bernegara pada saat tertentu. Dalam rangka pemahaman dan pembinaan tat kehidupan nasional diperlukan penyederhanaan tertentu dari berbagai aspek kehidupan nasional, penyadaran berfungsi sebagai model pemetaan dari hasil analisis keadaan nyata. Konsepsi ketahanan nasional akan meyangkut hubungan antaraspek  yang mendukung kehidupan yaitu aspek yang berkaitan dengan alam bersifat statis dan aspek yang berkaitan dengan social yang bersifat dinamis.

Berikut aspek-aspek penting dalam pengaruh ketahanan nasional:

1. Aspek Ideologi
       Ideologi adalah system nilai sekaligus kebulatan ajaran yang memberikan motivasi. Secara teoritis suatu ideologi bersumber dari suatu falsafah dan merupakan pelaksanaan dari system falsafah itu sendiri. Adalah beberapa ideologi yang ada di berbagai dunia yaitu liberalisme, komunisme dan paham agama. Selain ideologi tersebut yang ada didunia Indonesia memiliki ideologi sendiri yaitu ideologi pancasila yang merupakn tatanan nilai yang digali dari nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia yang sudah ada sejak zaman dulu kala. Yang merupakan nilai-nilai leluhur yang sangat baik dengan kehidupan.

Ketahanan pada aspek ideologi
        Ketahanan ideologi diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan ideologi bangsa Indonesia, ketahanan ini mengandung keuletan dan ketangguhan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan. Perwujudan ketahanan ideologi memerlukan kondisi mental bangsa yang berlandaskan keyakinan akan kebenaran ideologi pancasila ssecara konsisten dan berlanjut.

2. Aspek Pertahanan dan keamanan
       Petahanan dan keamanan Indonesia adalah kesemestaan daya upaya seluruh rakyat Indonesia dalam mempertahankan dan mengamankan negara demi kesatuan dan persatuan negara. Ketahanan pertahanan dan keamanan dapat diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan pertahanan bangsa Indonesia yang mengandung keuletan dan ketangguhan dan kemampuan dalam mengembangkan dan menghadapi dan mengatasi segala tantangan dari luar maupun dalam negeri. Wujud dari ketahanan pertahanan dan keamanan tercermin dalam kondisi daya tangkall bangsa yang dilandasi oleh kesadaran bela negara seluruh rakyat. Kondisi ini mengandung stabilitas pertahanan dan keamanan negara serta pembangunan dan hasil-hasil yang ada di Indonesia.

Ketahanan pada aspek pertahanan dan keamanan
       Pertahanan dan keamanan harus dapat mewujudkan kesiagaan seta upaya bela negara yang berisi ketangguhan untuk menjamin kesinambungan nasional dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Bangsa Indonesia yang cinta damai, pembangunan kekuatan dan kemampuan pertahanan dan keamanan dimanfaatkan untuk menjamin perdamaian. Dengan demikian ketahanan nasional adalah kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi oleh kesadaran bela negara seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai kemampuan stabilitas pertahanan serta menjaga semua aspek yang ada pada kehidupan nasional berjalan sebagaimana fungsi yang telah berlaku. Maka dari itu sebuah ketahanan nasioanl merupakan hak dari setiap warga negara dam kunci utama dalam menjalankan cita-cita negara yang sudah ada di dalam landasan idiil dan konstitusional.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar