One Piece Logo

Kamis, 20 Juni 2013

MANFAAT GERAKAN PADA SHOLAT

MANFAAT GERAKAN SHOLAT

Sholat merupakan suatu kewajiban bagi seluruh umat islam yang ada didunia. Sholat merupakan suatu ibadah antara manusia dengan yang maha kuasa. Dalam satu hari semua umat islam diwajibkan melakukan sholat 5 waktu pada pagi, siang, sore dan malam hari. Sholat merupakan salaah satu ibadah yan utama untuk kita mendekatkan kepada sang pencipta. Manfaat dari kita melakukan sholat itu sangat banyak sekali yaitu dapat menambah keimanan kita dan ketakwaaan kita. Selain baik untuk rohani sholat baik pula bagi kesehatan tubuh. Tanpa di sadari setiap gerakan sholat yang kita lakukan mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini sebagaian manfaat gerakan sholat bagi tubuh manusia:

1. TAKBIRATUL IHRAM
POSISI : Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.
MANFAAT : berdiri tegak, mengangkat ke2 tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut / dada bagian bawah. Gerakan Takbiratul Ihram bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (Limfe) dan kekuatan otot tangan. Selain itu juga posisi Jantung dibawah otak dan memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Kemudian pada saat mengangkat tangan saat Takbiratul Ihram ,Otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Lalu pada saat Takbiratul Ihram ,tangan di dekapkan didepan perut /dada bagian bawah. ~gerakan ini menghindari dari berbagai gangguan persendian.

2. RUKU
POSISI : Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

MANFAAT : gerakan ruku' saat Sholat yg sempurna di tandai tulang belakang yang lurus (bila diletakkan segelas air diatas punggung tersebut tidak tumpah). Pada saat kepala lurus dengan tulang belakang, gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi & fungsi tulang belakang (Corpus vertebrae). Saat itu pula gerakan ruku dapat tulang belakang menjadi penyangga tubuh dan fungsi syaraf.

3. ITIDAL
POSISI : Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.
MANFAAT : Ftidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebihlancar.
4. SUJUD
POSISI : Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.
MANFAAT : Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tumaâninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

5. DUDUK ANTARA DUA SUJUD
POSISI : Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.
MANFAAT : Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

6. SALAM
POSISI: Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.
MANFAAT : Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.Beribadah secara, kontinyu bukan saja menyuburkan iman, tetapi mempercantik diri wanita luar & dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar