One Piece Logo

Rabu, 19 Juni 2013

POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL



POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL

LATAR BELAKANG
PENGERTIAN POLITIK DAN STRATEGI
            POLITIK secara etimologis berasal dari bahasa yunani yaitu politeia yang berarti  mengurus kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri. Sedangkan dalam bahasa Indonesia politk mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Politik merupakan suatu rangkaian asas, prinsip, keadaan, jalan, cara yang digunakan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tertentu. Politik secara umum manyangkut proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakaannya. Pelaksanaan tujuan itu memerlukan kebijakan-kebijakan umum yang menyangkut pengaturan dari sumber yang ada. Sedangkan strategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran  untuk memenangkan peperangan. Dalam kehidupan bernegara sebuah strategi sangat diperlukan dalam mendapatkan kemenangan atau pencapaian tujuan.  Strategi berfungsi untuk menentukan jalannya suatu negara sehingga dapat mencapai sesuatu yang dicita-citakan oleh sebuah negara. Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan politik:
A. Negara
negara merupakan suatu bentuk organisasi dalam suatu wilayah yang memiliki kekuasaan tertinggi yang ditaati oleh rakyatnya.
B. kekuasaan
Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang maupun orang lain.
C. Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan adalah aspek utama dalam suatu politik. Dalam politik pengambilan keputusan yang menggunakan media sarana umum. Dalam pengambilan keputusan ini yang menyangkut sektor publik dari suatu negara.
D. Kebijakan umum
Dasar pemikirannya adalah bahwa masyarakat memiliki beberapa tujuan bersama yang ingin dicapai secara bersama pula, sehingga perlu ada rencana yang mengikat yang dirumuskan dalam kebijakan-kebijakan oleh pihak yang berwenang dan pemerintahan.
E. Distribusi
Distribusi ialah pembagian dan pengalokasian nilai dalam masyarakat. Nilai adalah sesuatu yang diinginkan dan penting. Ia harus dibagi secara adil. Politik membicarakan bagaimana pembagian dan pengalokasian nilai-nilai secara mengikat.

POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL
Definisi politik nasional adalah asas, haluan, usaha serta kebijaksanaan negara tentang pembinaan serta pengggunaan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional. Strategi nasional disusun untuk pelaksanaan politk nasional, jadi strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politk nasional.
Penyusunan politik dan strategi nasional perlu memahami pokok-pokok pikiran yang tekandung dalam sisitem manajemen nasional yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945.

PENYUSUNANN POLITK DAN STRATEGI NASIONAL
Mekanisme penyusunan politik dan strategi nasional ditingkatsuprastruktur politk diatur oleh presiden dan MPR. Dalam melaksanakaan tugas presiden dibantu oleh berbagai lembaga tinggi lainya.

STRATIFIKASI POLITK NASIONAL
Stratifikasi politik nasional dalam negara repbulik Indonesia adalah sebagai berikut:
      1.Tingkat penentu kebijakkan puncak
      2.Tingkat kebijakkan umum
      3.Tingkat kebijakkan khusus
      4.Tingat kebijakkan teknis
      5.Dua macam kekuatan dalam pembuatan aturan daerah

POLITIK DAN PEMBANGUNAN NASIONAL SERTA MANAJEMEN NASIONAL
            Politik merupakan cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tujuan politik bangsa Indonesia telah tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Tujuan politik bangsa Indonesia harus dapat dirasakan oleh rakyat Indonesia, untuk itu pembangunan di segala bidang perlu dilakukan. Dengan demikian pembangunan nasional harus berpedoman pada Pembukaan UUD 1945 alania ke-4.
Politik dan Strategi Nasional dalam aturan ketatanegaraan selama ini dituangkan dalam bentuk GBHN yang ditetapkan oleh MPR. Hal ini berlaku sebelum adanya penyelenggaraan pemilihan umum Presiden secara langsung pada tahun 2004. Setelah pemilu 2004 Presiden menetapkan visi dan misi yang dijadikan rencana pembangunan jangka menengah yang digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan pemerintahan dan membangun bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar